Langsung ke konten utama

Ternak Entok Biaya Kecil dan Cepat Besar ( Pengalaman )

Enthok atau Menthok
Ternak Entok Biaya Kecil dan Cepat Besar ( Pengalaman )
Sisa pekarangan belakang rumah adalah salah satu pendukung usahaku. Usaha kecil kecilan yang menurut saya bisa menjadi tambahan penghasilan sebagai usaha sampaingan stelah pulang kerja. Yaitu mencoba beternak entok atau menthok. Maklum gaji pas-pasan. Untuk menambah penghsilan dengan cara modal sisa tanah belakang rumah dan kebranian untuk usha kecil- kecilan. Entok atau Menthok ( Cairina Moschata ) yang saya pelihara. Karena menurut saya jenis unggas ini yang cocok, karena kebal penyakit dan tidak terlalu rewel dalam masalah makanannya. Entok ini hanya membutuhkan tempat yang nota bene ada air yang cukup tapi tidak terlalu kotor ( limbah). Bayangkan enthok jantan dewasa di tempat saya harganya sekitar 75 ribu sampai dengan 100 ribu rupiah. yang betina sekitar 40 s.d 50 ribu rupiah. Enthok betina dalam masa bertelur paling banyak 15 s.d 17 butir tergantung permberian makanannya. Saaat bertelur biarkan membuat sarang sendiri gak usah dibuatkan.  Lumayan kan ?!. Nah bagaimana ingin mencoba ? Ini pengalaman nyata. Yang saya awali dengan modal enthok betina dewasa 2 ekor dan jantan 1 ekor. inilah yang saya lakukan 
Banyak orang yang mencoba beternak entok ini sebagai usaha sampingan, karena entok ini memiliki kelebihan yaitu tahan terhadap penyakit dan pemberian pakannya yang mudah peluang usaha dalam beternak entok ini cukup menguntungkan karena selain daging dan telurnya, bulunya pun dapat dijual untuk dijadikan shuttlekock. Bagi anda yang ingin beternak entok atau mentok ini  berikut adalah cara lengkapnya:
a. Pemilihan Entok atau Mentok  Untuk Ternak
Ternak Entok Biaya Kecil dan Cepat Besar ( Pengalaman )

Pilihlah entok  yang baik yaitu entok  yang sehat tidak cacat, memiliki gerakan yang cukup lincah, memiliki nafsu makan tinggi, memiliki mata yang cerah dan bulu yang mengilap tidak kusut, serta memiliki warna kotoran yang normal.














b. Kandang Ternak Entok atau Mentok
https://gundulku2.blogspot.com
    Kandang kita buat sederhana, biaya kecil. Yaitu pakai kandang untuk anak menthok saat usia 1 sd     1bulan, gak usah lampu penghangat biarkan bersama induknya selama 1bulan. Bahan dari kawat         ram yang kita buat dengan bahan kayu reng/usuk kita buat sedmikian rupa sehingga memudahkan       kita untuk memasukkan abak enthok saat tidur malam dan mengeluarkan saat mulai pagi.





c. Pemberian Pakan Mentok atau Entok
https://gundulku2.blogspot.com
Sebenarnya enthok sangat nriman dalam makanannya. Saya pakai dedak halus di capur dengan 511 dengan perbandingan tidak terlalu saya perhatikan yang penting ada, gitu aja, dan juga jangan lupa beri sayuran seperti kangkung atau buah sejenis mentimus atau semangka yang gak layak makan untuk manusia. atau semangka sisa.
Agar cepat besar entok atau mentok ini diberi pakan 2 kali dalam sehari dengan pakan berupa dedak, jagung giling, tepung ikan dan lainnya dan ditambah dengan probiotik. Pemberian pakan tersebut disesuaikan dengan ukuran serta umur entok atau mentok tersebut.

d. Perawatan dan Pemanenan Entok atau Mentok
Enthok saat usia 2 bln sudah bisa dilepas dari kandang, biarkan tidur bersama dengan enthok dewasa yang lain, karena sudah bisa bertahan dari cuaca yang ada di sekitarnya. Tapi jangan ada tikus, karena usia itu sangat rawan dimakan tikus. Maka pastikan di tempat anda gk ada tikusnya.
Selain pemberian pakan yang cukup, Lakukan pula perawatan  walaupun entok terkenal memiliki daya tahan tubuh yang kuat dari penyakit, namun hal ini dilakukan untuk mengantisipasi. Untuk pemanenan dapat dilakukan disesuaikan dengan kebutuhan pasar, bisa diambil dan dijual saat masih telur atau sudah berupa daging; basanya untuk daging, entok yang diambil adalah entok yang telah berumur 4 bulan dan memiliki bobot minimal sekitar 2 kg.
Semoga ada manfaatnya bagi kita semua.

Oleh : Taryono Pelabuhan Canggu