Langsung ke konten utama

Permainan Tradisional anak ini Budaya di Indonesia

Permainan Tradisional Anak 
https://senibudaya12.blogspot.com
Kebinekaan negeri kita inilah yang membuat kita kaya dengan segala tradisi budaya yang tidak pernah ada di dunia dimanapun. Apalagi dengan kehidupan sosial masyarakat pedesaan dari jaman dulu yang sudah ada dan diwariskan kepada anak cucu kita secara turun temurun. Untuk itu saya mengajak pengunjung blog https://senibudaya12.blogspot.com untuk memahami dan mengkaji nilai nilai yang terkandung dalam sosial budaya yang diwariskan nenek moyang kita ini agar tidak punah yaitu tentang  Permainan anak tradisional Indonesia. Karena menurut saya permainan ini dapat  mendidik karakter anak yang lebih baik ketimbang permainan atau Game yang ter dapat dalam Android atau game dalam Internet. Karakter yang terbentuk adalah bisa menjadikan karakter anak tentang , kerukunan
bermasyarakat gotong royong, rukun saling membantu, tidak mengejek/mencela, kerjasama dan lain lainnya. nah inilah beberapa permainan anak tradisonal Indonesia :

1. Permainan Tradisional Meriam Bambu
https://senibuadaya12.blogspot.com
Permainan yang satu ini sering kali dimainkan oleh anak-anak ketika menjelang puasa atau saat puasa. Permainan tradisional meriam bambu ini mempunyai suara yang sangat keras, bahkan jika menggunakan karbit, suara meriam bambu bisa terdengar dari jarak 1-2 km.
Akan tetapi permainan ini sekarang sudah tidak dimainkan lagi oleh anak-anak modern, mungkin hanya di sebagian kecil daerah saja yang masih bermain dengan alat-alat itu.




2. Permainan Tradisional Masak-masakan

https://senibuadaya12.blogspot.com

Permainan yang satu ini adalah permainan yang sering dimainkan oleh anak perempuan. Alat dan bahan yang digunakan cukup mudah di dapatkan seperti, kaleng, air, daun-daunan, tungku, cabai, korek untuk menyalakan api dan sebagainya.
Permainan ini terkadang juga dimainkan oleh anak laki-laki yang memang suka dengan masak-masakan.





3. Permainan Tradisional Mobil-mobilan
https://senibuadaya12.blogspot.com
Permainan mobil-mobilan ini sangat digemari oleh anak laki-laki, bahan yang digunakan untuk membuat mobil-mobilan bermacam-macam mulai dari kulit buah kakao (kopi coklat), pelepah pisang, sepet (serabut kelapa), kulit buah maja dan sebagainya.
Cara membuatnya cukup dengan membentuk bahan tadi seperti mobil dan memberinya ban, sangat mudah untuk dilakukan, hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja dan mobil pun sudah bisa kita gunakan untuk bermain.


4. Permainan Tradisional Sepakbola Kampung
https://senibuadaya12.blogspot.com
Permainan yang satu ini sering dimainkan di halaman rumah, jumlah pemainnya pun tidak dibatasi. Keseruan dari permainan tradisional ini jika dibandingkan dengan permainan yang ada di smartphone sekarang ini tentu jauh berbeda.
Akan tetapi ini sangat disayangkan karena sekarang jarang sekali yang memainkan sepak bola kampung, kebanyakan anak sekarang lebih suka bermain playstation.





5. Permainan Tradisional Layangan
https://senibuadaya12.blogspot.com
Permainan tradisional yang selanjutnya adalah permainan layangan, merupakan permainan tradisional yang masih bertahan di jaman sekarang, namun sudah mulai berkurang peminatnya.
Permainan layangan di buat dengan menggunakan bambu yang diikat dan di beri sampul menggunakan kertas atau plastik hingga berbentuk.
Cara bermain cukup dengan menerbangkan, terkadang juga terjadi adu di udara, maksudnya adalah dengan mengadu benang yang di pakai untuk terbang  di udara, yang menang adalah yang mampu memutuskan benang lawan kita.

6. Permainan Tradisional Gasing
https://senibuadaya12.blogspot.com
Permainan tradisional yang keenam adalah gasing, ini merupakan permainan sejak jaman kuno hingga sekarang. gasing ini berbentuk seperti ufo dan memiliki pentolan di kepalanya.
Cara bermain yaitu dengan melilitkan tali di pentolan tadi dan melemparkan sekuat-kuatnya ke tanah dengan menggunakan teknik, maka gasing tersebut akan berputar. Untuk memainkan permainan tradisional ini memang dibutuhkan ketrampilan.




7. Permainan Tradisional Pletekon atau Jedoran
https://senibuadaya12.blogspot.com
Permainan ini dibuat dengan menggunakan bambu yang mempunyai ukuran kecil tapi kuat, permainan ini sejenis tembak-tembakan namun peluru yang digunakan menggunakan bunga jambu air yang belum mekar atau bisa disebut dengan pentil jambu, peluru juga bisa menggunakan kertas yang dibasahi.







8. Permainan Tradisional Congklak atau Dakon
https://senibuadaya12.blogspot.com
Permainan tradisional ini sudah dikenal di seluruh nusantara, congklak atau dakon berbentuk papan yang memiliki 16 lubang. Untuk bermain menggunakan biji yang terbuat dari kulit/cangkang kerang, bisa juga menggunakan batu. Biji congklak banyaknya 98 butir dan yang dapat bermain hanya 2 orang saja.
Cara bermain Congklak yaitu dengan menentukan siapa dulu yang akan jalan, kemudian pemain harus mengambil biji dari salah satu lubang menuju lubang yang sudah ditentukan yang berada di sebelah kiri dan kanan.
Ambil semua biji satu persatu ke lubang yang sudah ditentukan tadi sampai habis, yang duluan habis itulah yang menjadi pemenang.

9. Permainan Tradisional Sondah atau Engklek
https://senibuadaya12.blogspot.com
Permainan Tradisional Engklek masih dimainkan, biasanya permainan ini dimainkan di sekolah saat jam istirahat. Engkleng atau engklek ini dimainkan oleh anak perempuan dan juga anak laki-laki. Bisa dimainkan oleh 2 orang sampai 5 orang. Cara memainkan ini dengan menggambar kotak-kotak pada latar atau halaman.
Buatlah 9 kotak yang terdiri dari 3 kotak vertikal dan disambung  dengan 3 buah kotak horizontal, kemudian di tambah lagi dengan satu kotak diatas dan 2 kotak horizontal lagi di bagian bawah.
Satu persatu pemain bergiliran melompat pada kotak-kota yang telah dibuat dengan menggunakan 1 kaki, jika terjatuh haruslah meletakkan batu di satu kotak terakhir yang bertanda untuk mengawali giliran.

10. Permainan Tradisional Ular Naga Panjang
https://senibuadaya12.blogspot.com
Permainan tradisional ini dulu sangat di gemari oleh anak umur 5-12 tahun termasuk kita saat itu. Biasanya permainan ini dimainkan lebih dari 7 anak, 2 anak sebagai penjaga dan sisanya akan berjalan melewati penjaga.
Untuk menentukannya biasanya kita terlebih dahulu hompimpa. Setelah ditentukan siapa yang menjadi penjaga, maka sisanya secara otomatis berbaris dengan posisi tangan diletakkan diatas pundak temannya didepan. Kemudian sambil berjalan melewati penjaga dan sambil menyanyikan lagu ular naga panjang.
Jika lagu atau nyanyian tadi sudah selesai maka sang penjaga akan salah satu orang dan orang yang tertangkap haruslah keluar dari barisan.

11. Permainan Tradisional Bentik atau Gatrik
https://senibuadaya12.blogspot.com

Permainan tradisional yang berikut bernama betik atau gatrik, didaerah saya lampung, populer dengan sebutan bentik. Permainan ini dimainkan oleh 2 kelompok atau 2 kelompok yang terdiri lebih dari 2 orang.
Alat yang digunakan untuk bermain bentik ini sangat sederhana yaitu, 2 potongan kayu atau bambu dengan ukuran kecil dan panjang.
Cara bermain terlebih dulu kita buat lubang di tanah, bisa juga meletakkan 2 batu dan taruh bambu kecil diatasnya, kemudian pukul. Jika lawan kita tidak bisa menangkapnya maka akan kita beri hukuman untuk menggendong kita.





12. Permainan Tradisional Boi-boian
https://senibuadaya12.blogspot.com
Permainan yang ke 12 adalah Boi-boian, permainan tradisional ini merupakan permainan yang sering dimainkan disuatu daerah di Nusantara. Kita jarang melihat permainan boi-boian karena mungkin hanya terdapat di daerah kita saja. Permainan ini dimainkan oleh 5 sampai 10 orang.
Cara bermain boi-boi yaitu dengan menyusun batu lempeng. Kemudian kita lempar lempengan tersebut menggunakan bola kecil, jika tumpukan tadi roboh maka penjaga harus mengambil bola dan dilemparkan pada pemain yang lain.

13. Permainan Tradisional Gobak Sodor
https://senibuadaya12.blogspot.com
Permainan tradisional ini selain disebut gobak sodor juga ada yang menyebutnya benteng sodor, karena dalam permainan ini ada beberapa kelompok yang menjaga benteng dari lawan mereka.
Dalam permainan ini satu kelompok terdiri minimal dua orang, tentukan siapa yang menjadi penjaga benteng dan siapa yang akan melewati penjaga benteng.
Jika sudah maka yang akan melewati benteng harus berusaha melewati benteng tanpa di sentuh. Dalam permainan ini kita harus kompak dengan kawan kita jika ingin menang.


14. Permainan Tradisional Egrang
https://senibuadaya12.blogspot.com
Permainan selanjutnya adalah egrang, untuk menggunakan egrang ini tidak mudah, dari kecil sampai sekarang saya masih belum bisa menggunakan egrang, sangat sulit karena dibutuhkan keberanian dan juga keseimbangan.
Egrang terdiri dari 2 tongkat yang tingginya sekitar 150 cm terbuat dari bambu, di bagian bawah di beri pijakan untuk dijadikan pijakkan kaki kita.






15. Permainan Tradisional Lompat Tali
https://senibuadaya12.blogspot.com
Permainan lompat tali ini memakai karet, kita juga bisa membuat talinya sendiri dengan menggunakan karet gelang yang disambung menggunakan tali simpul. Permainan ini dimainkan minimal 3 orang, 2 orang yang memegang tali dan yang lainnya yang melompat.
Dalam permainan ini jika kita tidak bisa melompat maka kita harus ulang dari awal, lompatan yang tertinggi dari permainan ini sampai di atas kepala kita.




16. Permainan Tradisional Kelereng
https://senibuadaya12.blogspot.com
Permainan kelereng ini sangat populer di kalangan anak laki-laki. Untuk bermain kelereng cukup mudah, tinggal menyentil kelereng ke arah lawan, jika kita mengenai kelereng tersebut maka kita akan menang dan kelereng akan menjadi milik kita.
Tapi jika tidak kena maka lawan akan gantian mengincar kelereng kita, permainan ini dilakukan minimal oleh 2 orang.





17. Permainan Tradisional Bola Bekel
https://senibuadaya12.blogspot.com
Permainan bola bekel sangat populer pada tahun 2003 hingga sekarang. Cara memainkan bola bekel ini membutuhkan keahlian karena tidak semudah seperti yang kita lihat, butuh beberapa kali mencoba agar bisa bermain.
Untuk memainkan bola bekel selain kita memerlukan bola bekel itu sendiri kita juga butuh butuh biji bekel, biasanya terbuat dari kulit kerang.
Cara bermain yaitu dengan melambungkan bola bekel keatas sambil membalik biji bekel, kemudian kita tangkap bola yang kita lambungkan tadi, begitu seterusnya sampai selesai.

18. Permainan Tradisional Petak Umpet / Jumpritan
https://senibuadaya12.blogspot.com
Permainan ini sangat populer, cara bermain dilakukan lebih dari 2 orang, semakin banyak yang ikut serta maka permainannya akan semakin seru.
Cara bermain sangat mudah, salah satu orang dijadikan penjaga yang tugasnya untuk mencari teman lainnya yang sembunyi.
Biasanya mereka bersembunyi di belakang pohon, di atas pohon dan lain-lain. Jika penjaga berhasil menemukan maka, yang ditemukan tadi akan gantian menjadi penjaga.



19. Permainan Tradisional Cublak-cublak Suweng
https://senibuadaya12.blogspot.com
Permainan Cublak-cublak suweng ini asalnya dari daerah jawa, Permaianan ini sudah sangat lama di kenal oleh masyarakat indonesia, nama dari cublak-cublak suweng itu sendiri diambil dari kata cublak yang mempunyai arti tempat, dan suweng yang artinya perhiasan yang berharga.
Jadi kesimpulan dari permainan tradisional cublak suweng adalah permainan untuk menyembunyikan perhiasan di suatu tempat.
Permainan ini bisa dimainkan oleh anak laki-laku maupun anak perempuan, biasanya berjumlah 4 hingga 7 anak, saat bermain juga di iringi nyanyian cublak-cublak suweng.

20. Permainan Tradisional Ngadu Muncang

Ngadu muncang merupakan permainan anak laki-laki, ngadu muncang adalah permainan yang dilakukan oleh 2 orang yang memiliki kemiri. Untuk bermain ngadu muncang kita memerlukan bantalan untuk menggepit kemiri.
Bantalan terbuat dari kayu yang keras, bantalan ini di letakkan di atas muncang yang mau diadu.
Kemudian bantalan tersebut dipukul, nguncang siapa yang bisa bertahan dari pukulan tersebut maka dilah yang menjadi pemenangnya.

21. Permainan Tradisional Bebentengan

Permainan bentengan merupakan permainan tradisional yang berasal dari daerah jawa barat, namun permainan ini sangat populer di seluruh nusantara. bentengan dimainkan oleh 2 kelompok yang ke duanya memiliki benteng yang terbuat dari pilar, tiang, atau pohon.
Dalam permainan bentengan ini, setiap anggota memiliki tugasnya sendiri-sendiri, ada yang menjadi penyerang, mata-mata, pengganggu dan ada juga yang bertugas menjadi penjaga benteng.
Permainan ini membutuhkan kecepatan dalam berlari serta pengaturan strategi yang bagus agar bisa menang. Manfaat dari permainan bentengan adalah mengasah kerjasama, kecerdikan serta membantu tumbuh kembang fisik anak.

22. Permainan Tradisional Lari Tempurung

Permainan ini merupakan salah satu permainan yang selalu menghibur dalam setiap kegiatan, dan juga permainan lari tempurung ini tidak hanya dimainkan oleh anak-anak, akan tetapi orang dewasa juga ikut bermain.
Permainan ini biasa dimainkan saat ada perlombaan, untuk peserta tidak dibatasi jumlahnya, cara membuat alatnya pun sangat mudah.
Kita tinggal mencari tempurung kelapa yang di belah kemudian di beri lubang dan dipasang tali pada bagian yang sudah kita beri lubang tadi. Kemudian pada ujung tali diikatkan pada kayu pendek yang berfungsi sebagai alat untuk kita pegang.

23. Permainan Tradisional Hantu Buta

Di dalam permainan hantu buta ini sangat baik untuk psikologis anak, permainan hantu buta dimainkan dengan mata tertutup hal ini sangat menarik bagi anak.
Permainan hantu buta menggunakan dua orang yang berperan sebagai hantu, ia harus menebak siapa nama lawan yang sudah ia tangkap.
Untuk cara bermain hantu buta ini, terlebih dulu kita membuat lingkaran, bagi anak yang keluar dari lingkaran tersebut maka ia di diskualifikasi.
Jika pemain tertangkap oleh hantu, maka hantu akan menebak siapa nama yang tertangkap, jika benar maka yang tertangkap akan menjadi hantu, begitu seterusnya sampai pemain habis.

24. Permainan Tradisional Bola Kasti

Dalam permainan bola kasti ini terlebih dulu kita buat garis tempat pemukul, dan 3 buah kolom lingkaran yang berfungsi sebagai tempat persinggahan yang telah memukul bola nantinya.
Sebelum kita mulai permainan bola kasti terlebih dulu dibuat 2 regu, peraturan dari permainan ini adalah satu orang yang menjadi pemukul bola kasti, satu lagi yang akan melempar bola kasti yang mengarahkan bola ke pemukul bola kasti.

25. Permainan Tradisional Mendorong Ban

Dalam permainan mendorong ban ini kita memerlukan kecepatan berlari sambil mendorong ban agar tetap pada jalurnya.
Alat yang diperlukan adalah peluit, digunakan sebagai aba-aba dimulainya perlombaan, kemudian ada ban dan juga kayuh, sebagai alat utama yang digunakan dalam permainan mendorong ban ini.



Oleh : Taryono Pelabuhan Canggu